Air minum

Air yang digunakan untuk konsumsi manusia ini memang banyak dibutuhkan dalam kehidupan manusia, dan penyediaannya juga telah menjadi bisnis yang menggiurkan. Ya, bisnis air untuk minum memang sangat menguntungkan.
Satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air (H2O) merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lain, misalnya gula, asam, garam, juga beberapa jenis gas dan banyak molekul organik.
.
Air memiliki sifat yang penting dalam kehidupan. Semua makhluk hidup yang ada memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan juga bagian penting dalam proses metabolisme. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen juga membutuhkan air. Air dibutuhkan dalam respirasi. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara.
.
Untuk memenuhi syarat air minum yakni tidak berasa, tidak berbau, dan tidak berwarna, serta tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, juga tidak mengandung logam  berat, dapat dipenuhi secara langsung dari sumber alam, dan dengan menggunakan proses filter.
Pemilihan air yang baik serta penjernihan dapat mengurangi resiko mengkonsumsi air yang tercemar oleh bakteri atau zat berbahaya. Salah satu bakteri pencemar air yang berbahaya adalah bakteri Escherichia coli.
Air yang sama sekali tidak mengandung unsur kimia lain selain H2O (air) itu sendiri, biasa disebut air organik. Sedangkan unsur kimia yang biasanya terkandung dalam air adalah mineral anorganik, seperti aluminium, merkuri, dan ferrum.
.
TDS meter (total dissolved solids meter) adalah alat yang digunakan untuk mengukur kemurnian air dari mineral anorganik. Alat ini dapat mengukur total zat padat yang terlarut dalam zat cair dengan menggunakan satuan ppm (part per million) atau bagian per sejuta.
Yang termasuk air minum adalah yang tds-nya 10 s/d 100 ppm. Jika tds-nya lebih dari 100 ppm, maka air tersebut tidak layak untuk diminum. Yang tds-nya 0 (nol) ppm disebut air organik, dan yang biasa disebut air murni tds-nya 1 – 10 ppm.
.
Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi karena tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Jumlah pasti kebutuhan air pada tubuh manusia bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Manusia mendapatkan cairan lebih banyak dari air minum, selain juga dari makanan dan minuman.

3 thoughts on “Air minum”

  1. Great post. I was checking constantly this blog and I am impressed! Very helpful information specially the last part 🙂 I care for such info a lot. I was looking for this certain info for a long time. Thank you and best of luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *